iklan header

Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Keras Dan Selip

kopling adalah sistem pada bagian mesin samping yang berfungsi menetralkan semua yang menyangkut pada bagian gear, terkadang ada saja masalah yang di timbulkan oleh sistem kerja kopling salah satunya adalah kopling keras dan menyelip saat di tarik, pastinya sangat tidak nyaman sekali bagi kita yang ingin berkendara dengan nyaman. ada beberapa tips sebenarnya yang bisa kita lakukan saat semuanya terjadi pada motor kita, berikut penjelasan bagaimana mengatasi selip kopling.


bagaimana jika hal yang ada di atas terjadi pada motor kita? tentunya kita pastinya kita akan membawa motor kita ke dealer atau bengkel untuk service, kalau sudah di service apa kira-kira kita akan tau apa penyebab dan cara mengatasinya, saya yakin tidak. pada dasarnya seseorang akan mengerti jika dia sering menemukan masalah dan menyelesaikan nya, walaupun untuk yang pertama kita pasti bingung harus di apakan. saya akan memberikan tips dan mengatasi motor yang sering selip kopling dan terlalu keras, simak penjelasan dari narasumber mas Rudin Ahmad .

1.Tips cara merawat kopling motor yang baik dan benar

  • Mengganti tali atau sling kopling yang sudah cacat
  • Mengganti kain kopling jika tarikan awal berkurang
  • Mengganti per kopling yang sudah lemah
  • Mengganti mimis sproket jika sudah mulai haus
  • Mengganti kampas sproket jika habis
Jika semua hal yang di atas telah di lakukan dan tidak ada perubahan apapun kita bisa menanyakan sekaligus memperbaikinya di bengkel, biasanya jika kopling motor keras ada masalah pada tali kopling jika tidak masalahnya ada di bagian perkopling tersebut. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika kita mengganti tali dan perkopling, jika kita membeli barang pastinya tidak semua barang yang baru buka bungkus selalu terlihat sempurna kadang ada beberapa bagian yang cacat atau rusak termasuk tali kopling yang akan kita beli ada baiknya jika memeriksanya terlebih dahulu.

Beberapa komponen yang ada di bagian bak kopling biasanya lebih cepat haus jika kita memakainya berjalan jauh dan mengendarai dengan kasar, tak heran jika motor yang di gunakan untuk balap semua rata-rata sistemnya hanya sekali pakai dan tidak tahan lama. Semuanya terjadi karena putaran dan beban perubahan tranmisi pada sistem mesin tengah bergantungan dengan daya tekan pada kopling sehingga meringankan perubahan dari tranmisi satu ke lainnya.

Jika kopling motor kita sering terjadi selip maka yang harus kita lakukan adalah memriksa bagian sproket dan rumah kopling, biasanya selip kopling terjadi kerena mimis dan kampas sproket yang mulai haus tetapi tak di pungkiri juga jika kain kopling sudah mulai haus akan terjadi selip sehingga kita yang mengemudikan susah untuk memindah tranmisi 1 dan seterusnya.

Yang terakhir jika kalian mempunyai dana yang lebih tidak ada salahnya jika kita mengganti semua sistem yang telah haus dengan merk aslinya, tetapi barang tersebut hanya bisa kita temukan di dealer maupun bengkel terbesar yang terdekat dengan daerah kalian, semua penjelasan di rangkum dari narasumber termasuk mekanik di salah satu bengkel di daerah saya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Keras Dan Selip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel